Jangan Remehkan Kebaikan

Kaum muslimin dan muslimat rahimakumullahu jami’an Rasulullah shallahhahu ‘alaihi wasallam bersabda

وَلاَ تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنَ الْمَعْرُوفِ

(janganlah kalian sepelekan kebaikan walaupun sedikit).

Ada seorang wanita yang masuk surga hanya dikarenakan dia memberikan minuman kepada seekor anjing, padahal dia adalah wanita pelacur, namun gara-gara perbuatannya memberikan minuman kepada seekor anjing yang kehausan Allah subhanahu wata’ala memasukkannya ke dalam surga.


Ada seorang laki-laki, yang masuk surga hanya gara-gara dia memindahkan sebatang pohon yang menghalangi jalan menghalangi jalan, berlalunya manusia sehingga disebabkan perbuatannya dia masuk surga,
وَلاَ تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنَ الْمَعْرُوفِ

(janganlah kalian sepelekan kebaikan walaupun sedikit),

Walaupun hanya tersenyum dengan saudara kalian karena senyum dengan saudara ini adalah sedekah.Berbuat baik kepada orang tua, berbuat baik kepada tetangga, berbuat baik kepada kerabat dekat ini amalan yang besar pahalanya di sisi Allah subhanahu wata’ala.
Pernah suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan tentang seorang wanita yang rajin sholat malam, rajin puasa sunnah, jangan anda tanyakan tentang ibadah wajibnya wanita yang rajin puasa, rajin sholat. Namun dia suka menyakiti tetangganya dengan lisannya,apa jawab rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kata rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam wanita tersebut di neraka,wanita tersebut di neraka. Lihat bagaimana sholat malam yang dia lakukan,puasa sunnah yang dia kerjakan tidak bisa menyelamatkan dirinya dari neraka.

Kemudian beliau di tanya lagi tentang seorang wanita yang melaksanakan sholat lima waktu ,berpuasa di bulan Ramadhan, namun dia jarang sholat malam, dia jarang berpuasa sunnah dan hanya bersedekah dengan sepotong keju namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya dengan lisannya maka kata nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hia fil jannah(wanita ini di surga).

Berbuat baik kepada tetannga,berbuat baik kepada orang lain ini sangat di tekankan walaupun hanya senyum dengan saudara kita tabassum li wajhi ahika shodaqoh (senyum di hadapan saudaramu itu adalah sedekah), walaupun hanya sekedar menyingkirkan gangguan dari jalan, membuang sampah di tempatnya ini adalah sedekah bahkan kata nabi shallallahu ‘alaihi wasallam imathotul adza anit thoriq shodaqoh (menyingkirkan gangguan dari jalan ini adalah sedekah) maka hendaknya kita manfa’atkan kesempatan kita untuk berbuat baik dimanapun kita berada hendaknya kita menjadi manusia yang bermanfa’at. 

”sebaik-baik manusia adalah manuia yang bermanfa’at bagi orang lain”

kalau kita melihat ada sampah yang berserakan di jalan maka hendaknya segera kita buang ke tempatnya, agama islam memerintahkan kita untuk menjaga kebersihan (kebersihan adalah sebagian dari iman.

Mudah-mudahan Allah subhanahu wata’ala memudahkan kita semua untuk bisa memanfa’atkan berbagai kebaikan dan tidak meremehkan segala kebaikan

Previous
Next Post »