BGP

BGP
Pengenalan BGP
Well well well, kita tahu dalam dunia jaringan internet terdapat banyak sekali macam & jenis routing , pernahkan kalian terpikirkan routing apa yg menangani routing dalam skala besar ? yapp, ialah BGP (Border Gateway Protocol),  suatu routing protocol dinamis yg digunakan untuk menghubungkan jaringan antar pihak yg berbeda, bgp juga berfungsi sebagai protocol routing pertukaran informasi di internet.

BGP termasuk salah satu dari beberapa routing protocol seperti EIGRP, OSPF, IS-IS dan RIP, yg fungsinya sama yaitu menghubungkan network satu dengan network lainnya. perbedannya terdapat skala komunikasi dan siap yg diajak komunikasi, 

BGP termasuk dalam kategori EGP (Exterior Gateway Protocol) yaitu routing protocol yg menghubungkan antar network yg berbeda, sedangkan seperti routing  protocol EIGRP, OSPF, IS-IS dan RIP termasuk kategori IGP (Interior Gateway Protocol) yakni routing protokol yg satu lingkup organisasi maupun perusahaan yg sama,
Oke mari kita lihat perbedaan IGP dan BGP dalam tabel berikut





BGP dirancang untuk melakukan pertukaran informasi antar router menggunakan AS (Autonomous System), apa itu Autonomous Sytem (AS)? Autonomous Sytem (AS) adalah kode / bilangan unik yg digunakan sebagai ID BGP untuk berkoneksi di internet, AS diatur oleh IANA (Internet Assigned Number Authority) yg merupakan badan pengelola internet didunia.

Dalam penggunaannya setiap Provider / perusahaan minimal memiliki 1 AS number, tidak berkimanan juga memiliki lebih dari 1 AS number.
AS number menggunakan 16 bit dalam penggalamatannya, antara 1 sampai 65,535

Pengalamatan AS menggunakan ASN (Autonomous System Number), ASN dialokasikan menjadi 2 bagian:
-          AS Public: AS number yg digunakan dalam jaringan internet (Public), dari AS 1 sampai AS 64,511

-          AS Privat: AS number yg digunakan dalam jaringan private, dari AS 65512 sampai AS 65535
sSekian dulu tentang BGP tunggu update artikel BGP dariku selanjutnya...
Previous
Next Post »